Skip to main content

Membandingkan Program Fasilitas Email, SN, IM

Membandingkan Program Fasilitas

A. Email

· YAHOO

Yahoo! Mail adalah sebuah penyedia surat elektronik (webmail) dari Yahoo!. Ia merupakan penyedia surat elektronik terbesar di Internet, dengan jutaan pengguna. Penyaing utama Yahoo! Mail ialah Windows Live Hotmail, Gmail dan AOL Mail.

Fitur-Fitur Yahoo

1) Kotak Masuk atau Inbox : Sebagai tempat dimana setiap e-mail atau pesan yang masuk atau ditujukan ke account kita. Berisi daftar pesan/e-mail masuk.

2) Kotak Keluar atau Outbox: Sebagai tempat menampung e-mail atau pesan yang akan dikirimkan

3) Pesan Terkirim atau Sent Items: Sebagai tempat menampung e-mail atau pesan yang sudah terkirim (pernah kita kirimkan)

4) Trash: Sebagai tempat menampung e-mail yang sudah kita hapus sebelum benar-benar terhapus. Kita masih dapat mengembalikan e-mail dalam folder ini ke folder inbox apabila diperlukan.

5) Drafts: Sebagai tempat menampung e-mail yang belum terkirim dan masih dalam tahap konsep atau draft sebelum dikirimkan. Masih akan dilakukan pengeditan

6) Spam: Sebagai tempat menampung e-mail atau pesan yang tidak berguna dan hasil dari iklan-iklan yang tidak kita harapkan.

7) CC (Carbon Copy): Merupakan fasilitas yang memungkinkan kita mengirimkan duplikat pesan ke orang lain selain ke penerima utama. Bisa digunakan sebagai tembusan. Penerima utama akan mengetahui bahwa e-mail yang diterimanya juga dikirimkan ke orang lain.

8) BCC (Blind Carbon Copy): Mempunyai fungsi sama dengan CC yakni sebagai tembusan, hanya si penerima utama tidak mengetahui bahwa e-mail yang diterimanya juga dikirimkan ke orang lain.

9) Attachments: Fungsi yang digunakan untuk menyertakan sebuah file dalam pengiriman e-mail atau pesan kita, bisa berekstensi PDF, DOC, XLS, JPG, dll

10) Reply: Fungsi yang digunakan apabila kita ingin menulis balasan e-mail ke pengirim e-mail saja

11) Reply All: Fungsi yang digunakan apabila kita ingin menulis balasan e-mail baik ke pengirim maupun alamat yang diberi tembusan (dalam CC dan BCC)

12) Forward: Fungsi yang dapat digunakan apabila kita ingin meneruskan pesan kepada orang lain atau account e-mail lainnya

13) Label: Fungsi yang digunakan untuk memberikan tanda label pada e-mail atau pesan yang kita terima. Ini digunakan dalam rangka manajemen e-mail atau pengelompokkan e-mail/pesan.

14) Starred: Fungsi yang digunakan untuk memberikan tanda bahwa e-mail atau pesan tersebut penting dan sewaktu-waktu kita dapat menemukan dengan cepat

15) Signature: Fungsi ini digunakan apabila anda ingin menampilkan secara otomatis keterangan identitas anda pada setiap pesan yang dikirimkan melalui account e-mail. Akan secara otomatis ditambahkan di akhir pesan.

16) Compose: Sebuah fungsi untuk memulai menulis sebuah pesan e-mail

17) Check E-mail: Sebuah proses atau perintah pengecekan e-mail atau untuk melihat apakah ada pesan e-mail baru atau tidak

· GMAIL

Gmail adalah penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004.

Ø Fitur

Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.

Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email. Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.

Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis.

Antara Yahoo dan Gmail yang yang paling popular antara keduanya yaitu yahoo karena yahoo lebih dulu muncul dibandingkan dengan gmail, disamping itu juga fitur-fitur didalam yahoo memang dirancang untuk membuat sulat elektronik tanpa harus menyampaikan sesuatu dengan bertemu orang yang dituju. Namun dari segi fitur-fitur lainnya antara yahoo dang mail memiliki kelebihannya masing-masing. Kemudahan print dokument mail jika ada keperluan cetak fisik maupun cetak file pada yahoo lebih mudah dibandingkan pada gmail. Pengaturan file dengan beberapa folder lebih mudah dan rapi.

Referensi:

http://www.Yahoo.com

http://www.Gmail.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Yahoo!_Mail

http://id.wikipedia.org/wiki/Gmail

http://arifs.staff.ugm.ac.id/mypaper/Aplikasi_Web_Email.pdf

B. Social Networking

· Facebook (FB)

Facebook (FB) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Pada facebook banyak fitur-fitur yang dapat digunakan dan lebih beraneka ragam misalnya saja kita dapat memainkan game-game yang tersedia didalamnya, kita dapat membuat status pada wall halaman facebook kita dan juga memberikan komentar pada wall kita ataupun teman kita di facebook, dapat menyimpan bnyak video yang kita inginkan, menanambahkan banyak foto-foto di akun facebook kita, kita juga dapat melakukan chatting dengan teman-teman kita tanpa diketahui oleh orang lain tentang obrolan kita tersebut.

· Twitter

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.

Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

Pesan

Pengguna dapat menulis pesan berdasarkan topik dengan menggunakan pagar (#) (hashtag). Sedangkan untuk menyebutkan atau membalas pesan dari pengguna lain bisa menggunakan tanda @.

Pesan pada awalnya diatur hanya mempunyai batasan sampai 140 karakter disesuaikan dengan kompatibilitas dengan pesan SMS, memperkenalkan singkatan notasi dan slang yang biasa digunakan dalam pesan SMS. Batas karakter 140 juga meningkatkan penggunaan memperpendek layanan URL seperti bit.ly, goo.gl, dan tr.im, dan jasa hosting konten, seperti Twitpic, Tweephoto, memozu.com dan NotePub untuk mengakomodasi multimedia isi dan teks yang lebih panjang daripada 140 karakter. Twitter menggunakan bit.ly untuk memperpendek otomatis semua URL yang dikirim-tampil.

Konten Dalam Twitter

Laman Utama (Home)

Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.

Profil

Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.

Pengikut (Follower)

Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

Ikutan (Following)

Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

Gamitan (Mentions)

Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

Favorit

Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Pesan Langsung (Direct Message)

Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Tagar (Hashtag)

Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

Senarai (List)

Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).

Topik Hangat (Trending Topic)

Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

Aplikasi pihak ketiga

Kurang dari setengah kicauan yang dikirim-tampil menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, WriteLonger

Kerahasiaan pribadi dan keamanan

Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini adalah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara independen diaudit dua kali setahun.

Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.

Antara Twitter dan Facebook yang lebih popular yaitu facebook karena facebook lebih dulu muncul dibandingkan twitter, selain itu fitur-fiur di dalam facebook lebih banyak disukai oleh penggunanya karena dalam akun facebook kita dapat menyimpan bnyak foto dan video tanpa harus menggunakan media bantu ketiga yang terdapat pada twitter, selain itu juga kita dapat memainkan berbagai macam game yang disediakan di dalam facebook, kita juga dapat chatting dengan seseorang tanpa diketahui isi pembicaraan kita oleh orang lain.

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter

http://www.twitter.com

http://www.facebook.com

http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook

C. Instant Messaging

· Yahoo Messenger (YM)

Aplikasi ini tentu sudah tidak asing lagi bagi yang suka chatting. Hamper seluruh pengguna internet yang memiliki akun di yahoo pernah menggunakan aplikasi ini. Makanya tidak heran jika hamper seluruh warnet menyediakan Yahoo Messenger untuk memuaskan pelanggannya.

Fitur-fitur YM

Anda bisa mengirim file lewat YM.

Bila anda mempunyai kamera atau webcam, anda bisa menggunakannya untuk menampilkan gambar anda pada teman anda.

Anda bisa mengobrol langsung dengan teman YM anda layaknya menggunakan telepon.

Share gambar atau menunjukkan gambar yang anda inginkan pada teman anda.

Anda dapat mengubah background YM dengan IMvironment

Membuat avatar diri anda sendiri, dan lain sebagainya.

Keunggulan Yahoo Messenger terletak pada fitur emoticonsnya yang beragam dan lucu, serta bias mengirimkan Audibles (animasi yang bias bersuara). Selain itu, ada juga fitur Buzz! Yang berguna untuk mengingatkan lawan chatting Anda, jika lama tak merespon sapaan Anda. Dan yang tak kalah penting lainnya, Anda sangat mudah sekali mencari teman chatting dari berbagai kota di Indonesia maupun mancanegara.

· Google Talk

Bagi anda yang memiliki akun Gmail, pasti anda sudah mengenalnya. Aplikasi ini memang sudah terintegrasi dengan layanan email Gmail, sehingga bagi anda yang sudah memiliki akun di Gmail, maka anda bias langsung menggunakannya.

Google Talk merupakan salah satu aplikasi chat yang sudah sekian lama berkecimpung di layanan pesan instan, tepatnya sejak 24 Agustus 2005.

Pada tanggal 25 februari 2008, fitur baru yang bernama Chatback diluncurkan oleh google. Dengan fitur pemilik akun google talk tetap dapat melakukan chatting dengan orang yang tidak memiliki akun di google. Selain berfungsi untuk chatting, aplikasi ini juga bias melakukan panggilan video. Selain sebagai sarana komunikasi interaktif di dunia maya, terdapat fitur tambahan yang bisa dinikmati saat menggunakan Google Talk, satu diantaranya adalah ketersediaan fitur voice mail. Artinya pesan yang diterima melalui google talk akan berbentuk audio. Jadi, ketika seseorang menuliskan kata-kata untuk melakukan percakapan melalui google talk, maka kata-kata tersebut akan terbentuk menjadi suara. Penggunaan google talk juga dapat menikmati dan memutar music ketika melakukan percakapan. Jika kita memilih fasilitas music, maka secara otomatis google akan mengumpulkannya seperti membuat daftar playlist sendiri.

Google juga bisa menyediakan fitur pesan offline, dimana kita bisa menerima pesan dari seseorang meskipun saat itu kita tidak terkoneksi dengan internet. Kita dapat memebaca pesan tersebut setelah kita kembali terhubung dengan internet.

Diantara Ym dan googletalk yang paling popular yaitu YM karena Ym lebih dulu muncul dibandingkan dengan googletalk, dan masyarakat lebih familiar dengan YM dibandingkan googletalk. Dengan menggunakan YM kita dapat chatting dengan seseorang atau lebih dari 1 orang tanpa diketahui isi dari pembicaraan kita tersebut, kita juga dapat berbincang-bincang dengan orang lain di dalam maupun diluar negeri tanpa harus dating ketempat tersebut. Selain itu kita juga dapat melakukan videocall dengan menggunakan webcam. Kita juga dapat menukar atau mengirim foto dan video dengan orang lain dan membuat avatar kita sendiri. Namun dalam beberapa fitur googletalk lebih unggul yaitu dalam fitur fitur voice mail dimana kita dapat mengirim pesan berupa audio.

Referensi :

http://www.anneahira.com/google-talk.htm

http://www.anneahira.com/ym.htm

Comments

Popular posts from this blog

Obsesi akan Wajah Putih Bersih

Banyak orang sekarang-sekarang ini yang mulai terobsesi dengan wajah mulus tanpa noda sedikitpun, putih bersih, dan juga terlihat cantik ataupun tampan. "Siapa juga yang tidak ingin memiliki wajah putih, bersih, mulus tanpa noda dan kerutan, juga cantik dan tampan!!" Dengan semakin banyaknya orang yang memerlukan kebutuhan akan kosmetik, krim, dan juga sanblok yang akan mereka gunakan untuk mengatasi masalah mereka akan kusamnya wajah, noda-noda yng tidak diinginkan yang terdapat dalam wajah mereka. Semakin banyak pula kosmetik yang baru-baru ini muncul dipasaran bagaikan jamur yang tumbuh di pepohonan. Semuanya menawarkan khasiat yang dapat membuat setiap konsumennya yang memakainya akan terlihat cantik atau tampan dan juga putih bersih tanpa adanya noda, dan juga kerutan-kerutan yang muncul ketika umur kita sudah mulai menua. Semuanya memberikan penawaran yang sangat menggiurkan bagi pemakainya, dan ada juga kosmetik yang dapat membuat pemakainya terlihat lebih

GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF (PDD)

Autisme dalam Diagnostic and Statiscal Manual of Mental Disorder R-IV merupakan salah satu dari lima jenis gangguan dibawah payung PDD (Perpasive Development Disorder) diluar ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dan ADHD (Attention Deficit Disorder). Gangguan perkembangan pervasif (PDD) adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan beberapa kelompok gangguan perkembangan Autistic Disorder (Autism) Muncul sebelum usia 3 tahun dan ditunjukkan adanya hambatan dalam interaksi sosial, komunikasi dan kemampuan bermain secara imaginatif serta adanya perilaku stereotip pada minat dan aktivitas. Asperger’s Syndrome Hambatan perkembangan interaksi sosial dan adanya minat dan aktivitas yang terbatas, secara umum tidak menunjukkan keterlambatan bahasa dan bicara, serta memiliki tingkat intelegensia rata-rata hingga di atas rata-rata. Pervasive Developmental Disorder – Not Otherwise Specified (PDD-NOS) Merujuk pada istilah atypical

ANOREXIA NERVOSA

Disadari atau tidak, anggapan bahwa langsing itu cantik telah melekat dalam kepala setiap orang, khususnya pada pikiran setiap wanita. Sejak kecil kita seolah didoktrin, menjadi wanita harus bertubuh langsing. Apalagi ditambah dengan banyaknya obat pelangsing yang diproduksi di pasaran. Akhirnya, tanpa disadari banyak wanita yang berlomba-lombamenjaga ketat pola makanan mereka agar terlihat langsing. Kadang begitu kelewatan sampai menimbulkan gangguan atau kelainan pola makan (eating disorders) yang disebut anorexia dan bulimia. Banyak wanita didunia yang menderita kelainan pola makan (eating disorders) seperti calista flockhart, mendiang putri Diana, para model-model di dunia juga banyak yang mengidap penyakit tersebut, dan lain sebagainya. Tren akan tubuh langsing dan kurus ini juga semakin dipicu oleh banyaknya public figure yang menganut ketat, bahkan mengalami anorexia, hingga berat badannya turun drastis. Kelainan pada pola makan ini timbul akibat rasa ketakutan pada diri ses