Skip to main content

Data Dan Informasi Pekerjaan

          
Sistem Informasi Psikologi
Pada Era Globalisasi seperti sekarang ini, ditandai dengan semakin pesatnya kemajuan teknologi dan juga persaingan bebas di dalam masyarakat, termasuk didalamnya persaingan akan pekerjaan.
Kemajuan akan teknologi yang semakin pesat, memberikan banyak manfaat positif kepada penggunanya, seperti pencarian akan lowongan pekerjaan yang semakin banyak dibutuhkan para pelamar pekerja. Orang-orang atau masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan dan masih mencari lowongan pekerjaan, sekarang ini bukan hanya dapat mencarinya di koran-koran media masa namun mereka juga dapat mencari melalui internet. Dengan mengakses beberapa situs-situs yang menyediakan lowongan pekerjaan di internet, seperti situs-situs yang menyediakan lowongan pekerjaan dibawah ini:
  • JobsDB.com
JobsDB.com merupakan salah satu situs yang menyediakan beberapa jenis lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Anda dapat mengaksesnya di internet dengan mengetikan link jobsDB yaitu www.jobsdb.com. Pada saat anda membuka website jobsDB, maka akan muncul tampilan site jobsdb berupa daftar pekerjaan yang tersedia didalam situs tersebut berdasarkan fungsi, industry, dan lokasi. Anda tinggal memilih pekerjaan yang anda inginkan. Di dalam situs tersebut juga terdapat nama dan logo-logo dari berbagai perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan, seperti tampilan gambar dibawah ini.
 
Setelah anda menemukan jenis pekerjaan yang anda inginkan, klik jenis pekerjaan tersebut maka akan muncul tampilan lowongan-lowongan pekerjaan dari jenis pekerjaan yang tadi anda pilih. Di bagian sebelah kanan akan muncul tampilan beberapa lowongan pekerjaan, jenis pekerjaan dan juga nama perusahaan, sedangkan dibagian kirinya akan muncul keterangan yang lebih lengkap lagi tentang pekerjaan tersebut, seperti nama perusahaan, jenis pekerjaan yang sedang dicari, syarat-syarat yang harus dipenuhi, alamat perusahaan dan lain-lain, seperti gambar dibawah ini.
Apabila pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan apa yang anda inginkan, kemudian klik “Melamar bukan member” apabila anda belum memiliki akun di situsweb tersebut atau anda belum mendaftar untuk menjadi member di situs tersebut. Setelah itu akan muncul lampiran berupa tampilan “Lamaran Pekerjaan” dan anda diminta untuk mengisikan data-data yang di perlukan, kemudian setelah data-dat yang diperlukan telah terisi semuanya klik “kirim keperusahaan sekarang”.
Apabila anda sudah menjadi member di situs lowongan pekerjaan tersebut, anda dapat mengklik “Cepat Melamar”. Anda akan diminta untuk login sebagai member disitus tersebut seperti gmbar dibawah ini.
         Namun apabila anda belum terdaftar di jobsdb.com dan belum register, anda dapat mengklik “registrasi sekarang” kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan anda diminta untuk mengisikan data-data yang diminta.
 
         Setelah itu akan muncul tampilan seperti di dibawah ini dan anda akan diminta membuat dan memasukan surat lamaran dan juga CV anda, kemudian anda dapat mempriview surat lamaran yang sudah anda masukan atau langsung mengirimkan surat lamaran tersebut ke perusahaan dan pekerjaan yang tadi anda pilih.
           

  • JobStreet.com
Pada mula tampilan setelah kita membuka www.jobstreet.com akan muncul tampilan seperti di bawah ini kita diminta untuk memilih Negara yang kita inginkan. Misalnya Indonesia, setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini;

Pada tampilan tersebut akan muncul daftar pekerjaan berdasarkan spesialisasi, lokasi, level posisi yang diinginkan, da juga terdapat nama-nama perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Setelah anda menemukan jenis pekerjaan yang diinginkan, anda tinggal mengklik jenis pekerjaan yang diinginkan setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Setelah anda memilih pekerjaan yang dinginkan, akan muncul tampilan baru berupa syarat-syarat dari pekerjaan yang tadi anda pilih. Kemudian klik “Apply” atau “ Apply Via Email”. Apa bila anda langsung mengklik “Apply” namun anda belum memiliki terdaftar sebagai member. Anda dapat mengklik “Apply”, kemudian klik sign up as member and apply, kemudian akan muncul tampilan yang meminta anda untuk mengisikan data-data yang dibutuhkan, lalu klik sign up and apply. Kemudian akan muncul tampilan baru lagi dan anda diminta untuk memasukan data-data dan surat lamaran dan juga CV.
Apabila anda melamar sebagai bukan member anda dapat mengklik apply via email, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
Kemudian anda diminta untuk mengisikan data-data pribadi yang dibutuhkan dan juga surat lamaran dan CV yang akan dikirimkan, setelah itu anda tinggal mengklik “Send My Application”, maka secara otomatis lamaran anda tersebut akan sampai atau masuk ke perusahaan yang anda tuju tersebut.
           Dilihat dari uraian diatas (antara jobsdb.com dan jobstreet.com) maka dapat dilihat bahwa uaraian tentang langkah-langkah pada situs web lowongan pekerjaan di jobsdb.com lebih mudah diikuti karena pada situs jobsdb dapat menggunakan beberapa bahasa yang anda inginkan dan juga langkang-langkahnya jauh lebih simple dan fariasi tentang lowongan pekerjaan yang terdapat di situs tersebut jauh lebih banyak variasinya. Dan ketika kita mengklik jenis pekerjaan yang kita inginkan secara langsung akan muncul tampilan yang terbagi dua kolom, yaitu dibagian kiri akan muncul lowongan-lowongan pekerjaan dari jenis pekerjaan yang tadi kita pilih, sedangkan disebelah kirinya akan muncul tampilan syarat-syarat dari pekerjaan, nama perusahaannya, dan juga alamat perusahaan yang dapat anda tuju. Sehingga memudahkan user untuk memilih lowongan pekerjaan yang lain tanpa harus keluar dari tampilan yang sebelumnya.

Comments

Khumairoh_ajj said…
sangat membantu wie.. detail sekali ya memberikan informasi tentang langkah-langkah untuk mengunjungi web ini...!!
tapi dari kedua web ini tidak di perinci tentang kekurangan dan kelebihan dari masing-masingnya wie??
Tiwi said…
ok... makasih nikamah masukannya, dan ini udah saya masukan tentang kelebihannya namun saya tidak merincikan dari masing-masing alamat web diatas. Saya lebih meringkasnya dengan membandingkan mana yang lebih banyak kemudahannya diantar kedua web tersebut.

Popular posts from this blog

Obsesi akan Wajah Putih Bersih

Banyak orang sekarang-sekarang ini yang mulai terobsesi dengan wajah mulus tanpa noda sedikitpun, putih bersih, dan juga terlihat cantik ataupun tampan. "Siapa juga yang tidak ingin memiliki wajah putih, bersih, mulus tanpa noda dan kerutan, juga cantik dan tampan!!" Dengan semakin banyaknya orang yang memerlukan kebutuhan akan kosmetik, krim, dan juga sanblok yang akan mereka gunakan untuk mengatasi masalah mereka akan kusamnya wajah, noda-noda yng tidak diinginkan yang terdapat dalam wajah mereka. Semakin banyak pula kosmetik yang baru-baru ini muncul dipasaran bagaikan jamur yang tumbuh di pepohonan. Semuanya menawarkan khasiat yang dapat membuat setiap konsumennya yang memakainya akan terlihat cantik atau tampan dan juga putih bersih tanpa adanya noda, dan juga kerutan-kerutan yang muncul ketika umur kita sudah mulai menua. Semuanya memberikan penawaran yang sangat menggiurkan bagi pemakainya, dan ada juga kosmetik yang dapat membuat pemakainya terlihat lebih

GANGGUAN PERKEMBANGAN PERVASIF (PDD)

Autisme dalam Diagnostic and Statiscal Manual of Mental Disorder R-IV merupakan salah satu dari lima jenis gangguan dibawah payung PDD (Perpasive Development Disorder) diluar ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dan ADHD (Attention Deficit Disorder). Gangguan perkembangan pervasif (PDD) adalah istilah yang dipakai untuk menggambarkan beberapa kelompok gangguan perkembangan Autistic Disorder (Autism) Muncul sebelum usia 3 tahun dan ditunjukkan adanya hambatan dalam interaksi sosial, komunikasi dan kemampuan bermain secara imaginatif serta adanya perilaku stereotip pada minat dan aktivitas. Asperger’s Syndrome Hambatan perkembangan interaksi sosial dan adanya minat dan aktivitas yang terbatas, secara umum tidak menunjukkan keterlambatan bahasa dan bicara, serta memiliki tingkat intelegensia rata-rata hingga di atas rata-rata. Pervasive Developmental Disorder – Not Otherwise Specified (PDD-NOS) Merujuk pada istilah atypical

ANOREXIA NERVOSA

Disadari atau tidak, anggapan bahwa langsing itu cantik telah melekat dalam kepala setiap orang, khususnya pada pikiran setiap wanita. Sejak kecil kita seolah didoktrin, menjadi wanita harus bertubuh langsing. Apalagi ditambah dengan banyaknya obat pelangsing yang diproduksi di pasaran. Akhirnya, tanpa disadari banyak wanita yang berlomba-lombamenjaga ketat pola makanan mereka agar terlihat langsing. Kadang begitu kelewatan sampai menimbulkan gangguan atau kelainan pola makan (eating disorders) yang disebut anorexia dan bulimia. Banyak wanita didunia yang menderita kelainan pola makan (eating disorders) seperti calista flockhart, mendiang putri Diana, para model-model di dunia juga banyak yang mengidap penyakit tersebut, dan lain sebagainya. Tren akan tubuh langsing dan kurus ini juga semakin dipicu oleh banyaknya public figure yang menganut ketat, bahkan mengalami anorexia, hingga berat badannya turun drastis. Kelainan pada pola makan ini timbul akibat rasa ketakutan pada diri ses