Ada banyak definisi dari kecacatan disebut disleksia tetapi tidak ada konsensus.
The World Federation of Neurology disleksia didefinisikan sebagai berikut: disleksia adalah "gangguan yang dituturkan oleh kesulitan dalam belajar membaca meskipun instruksi konvensional, kecerdasan yang memadai dan kesempatan sosial budaya".
MedlinePlus, NLM dan Institut Kesehatan Nasional (NIH), mendefinisikan disleksia "gangguan membaca Pembangunan, juga disebut disleksia, ketidakmampuan membaca adalah akibat ketidakmampuan untuk memproses simbol grafis."
National Institute of Neurological Disorders dan Stroke mendefinisikan disleksia "Disleksia adalah tipe otak pembelajaran berbasis cacat yang secara khusus mengganggu kemampuan seseorang untuk membaca Orang-orang biasanya membaca di tingkat lebih rendah dari yang diharapkan walaupun memiliki kecerdasan normal.. Walaupun gangguan yang berbeda dari orang ke orang, karakteristik umum di antara orang dengan disleksia adalah kesulitan dengan ejaan, pengolahan fonologis (manipulasi suara), dan / atau menanggapi visual-verbal cepat. Pada orang dewasa, disleksia biasanya terjadi setelah cedera otak atau dalam konteks demensia. Itu juga dapat diwariskan di beberapa keluarga, dan studi baru-baru ini telah mengidentifikasi sejumlah gen yang dapat mempengaruhi individu untuk mengembangkan disleksia ".
Dari berbagai definisi yang digunakan oleh peneliti disleksia dan organisasi di seluruh dunia, tampaknya disleksia yang tidak satu hal tapi banyak, sejauh yang berfungsi sebagai rumah-kliring konseptual untuk sejumlah membaca defisit keterampilan dan kesulitan, dengan sejumlah penyebab .
Castles and Coltheart, 1993, Istana dan Coltheart, 1993, menggambarkan fonologis dan jenis permukaan disleksia perkembangan dengan analogi klasik subtipe disleksia diakuisisi ( Alexia ) yang diklasifikasikan berdasarkan tingkat kesalahan dalam membaca non-kata. Namun perbedaan antara permukaan dan fonologi disleksia belum diganti terminologi empiris lama versus dyseidetic jenis dysphonetic dari disleksia. Permukaan / perbedaan fonologis hanya deskriptif, dan tanpa ada asumsi aetiological untuk mekanisme otak yang mendasari , dalam kontras dysphonetic / perbedaan dyseidetic mengacu kepada dua mekanisme yang berbeda: - satu berhubungan dengan defisit diskriminasi pidato, dan yang lainnya untuk gangguan persepsi visual.
Kebanyakan penderita disleksia yang memiliki tipe ini Boder Dyseidetic, telah dan spasial attentional kesulitan yang mengganggu proses akuisisi membaca.
Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Learning_disability
Comments