- Tidak dapat menyebutkan nama-nama huruf atau menyanyikan lagu abjad, terutama jika si anak memiliki dosa kata yang baik.
- Memiliki kesulitan dalam mengidentifikasi kata-kata yang dimulai dengan bunyi yang sama dari daftar tertulis, atau tidak dapat membedakan apakah dua kata yang terdiri dari satu suku kata punya bunyi yang sama atau berbeda (misalnya, "get" dan "bet" atau "sit" dan "sat").
- Kesulitan dalam menyebutkan kata yang berima atau mengenali rima
- masalah dalam kemampuan pengenalan fonologis-kemampuan mengidentifikasi dan mengurutkan bunyi-bunyi dalam sebuah kata (seperti, "jika aku memilih kata bat dan aku hilangkan huruf b-nya, jadi kata apa ya?" )
- Tidak mengenal nama-nama warna atau bentuk
- memiliki masalah wicara dan artikulasi, khususnya yang melibatkan penggunaan oromotor.
- Sulit mengingat urutan-urutan otomatis seperti angka atau hari-hari dalam seminggu
- Masalah yang berkaitan dengan kegiatan motorik halus seperti menggambar lingkaran atau menyalin huruf, atau rangkaian motorik kasar seperti jumping jack atau mengendarai sepeda roda tiga
- Sulit mengingat kembali huruf-huruf khusus (misalnya, menyebutkan nama gambar benda yang sudah dikenal, kecenderungan untuk mengganti kata yang dimaksud dengan kata bermakna serupa tetapi lebih jarang digunakan, atau mengganti dengan kata-kata yang memiliki hubungan semantik, seperti jeruk diganti apel, mobil diganti truk).
- Kesalahan pengurutan dalam wicara ("Dorsi" untuk "Doris")
- Masalah dalam mengingat verbal-sulit mengingat kalimat atau cerita yang baru saja disampaikan.
Sumber :Living with Dyslexia.http://books.google.co.id/books?id=UKG_OXKf7oYC&pg
=PA64&dq=gangguan+DISLEKSIA&cd=1#v=onepage&q=gangguan%20DISLEKSIA&f=false
Comments